MENGHADAPI BONUS DEMOGRAFI, APA YANG HARUS DILAKUKAN MASYARAKAT

Pemerintah indonesia menginformasikan kepada kita semua bahwa 10 tahun kedepan indonesia berada pada posisi usia produktif lebih banyak dari usia nonproduktif atau saat ini disebut dengan bonus demografi.
Dengan usia produktif lebih banyak maka akan sangat berdampak terhadap masa depan generasi yang akan datang. Dari sudut lapangan pekerjaan jelas akan semakin tinggi terjadinya persaingan dan tentu persaingan itu bukan hanya terjadi pada sektor sdm lokal dan bisa terjadi sdm internasional.
Selain persaingan pekerjaan kita lihat sektor ekonomi maka indonesia akan dihadapkan dengan harus terpenuhinya ekonomi rumahtangga karena bila hal itu terjadi kekurangan maka akan berdampak tingginya kejahatan karena demi terpenuhinya kebutuhan hidup.
Bagaimana dengan kesehatan masyarakat tentu indonesia akan dihadapkan dengan berbagaimacam masalah apabila kesehatan tidak menjadi perhatian pemerintah indonesia karena populasi usia produktif tinggi semua aktivitas meningkat dan bisa saja menimbulkan ketegangan yang berakibat banyak masalah kesehatan yang harus disiapkan kemungkinan hal buruk menimpa masyarakat indonesia.
Selain diatas adanya bonus demografi penting sekali diperhatikan pada pemahaman idiologi dan wawasan kebangsaan bagi masyarakat, bila hal itu kurang perhatian dikhawatirkan akan rusaknya generasi bangsa indonesia. Kita perlu menyadari era digital sangat mudah sampai keplosok negeri apabila hal itu tidak diperhatian sangat mudah oknum para perusak negeri akan menguasai negeri ini indonesia, tentu ini menjadi perhatian penuh bagi pertahanan dan keamanan diindoneaia sebagai benteng pemerintah.
Dari uraian diatas sangat sulit bisa terlewati apabila kwalitas sumber daya terutama manusianya masih kategori rendah. Untuk itu pendidikanlah yang menjadi kunci untuk membentengi generasi dari segala permasalahan yang akan timbul disebabkan bonus demografi tersebut.
Jadi kuncinya adalah pemerintah menjadikan unsur atau faktor yang sangat fundamental menjadi perhatian bagi generasi di indonesia adalah sektor pendidikan. Upayakan pelayanan pendidikan dari usia dini sampai perguruan tinggi masyarakat diberikan peluang untuk bisa bersekolah dengan bebas biaya. Sektor pendidikan bila tidak diperhatikan hanya si kaya yang hanya bersekolah si miskin hanya menjadi budak dinegeri indonesia yang besar ini. Ditambah lagi banyaknya para NGO mendirikan pendidikan yang berkualitas ini jelas akan terasa di masyarakat miskin, hal itu agar bonus demografi baik bangsa ini tentu kualitas pendidikan memenuhi kebutuhan akan masa depan siswa salah satu faktornya yaitu dengan memenuhi dan terpenuhinya 8 standar pendidikan disetiap satuan pendidikan, solusinya pemerintah harus hadir agar 8 standar terpenuhi dengan maksimal tidak hanya anjuran aksinya pihak pemerintah.
Terakhir pengaruh global sangat terasa atas kehadiran digital, maka siapkan generasi kedepan dengan akhlak dan vokasi karena pengetahuan mudah dicari.
Masih banyak yang belum tersampaikan dalam tulisan ini, semoga bonus demografi berhasil lebih baik bukan menjadi kehancuran bagi bangsa indonesia.
Aamiin