MUNGKINKAH PENDIDIKAN MURAH DAN BERKUALITAS DI INDONESIA

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting menuju negara maju. Karena pendidikan sebagai alat membuka cakrawala pengetahuan disegala bidang untuk mengisi peran dalam mengelola sebuah negara.
Kita sering mendengar dan menyaksikan bahwa pendidikan diindonesia masih berkategori mahal, hal tersebut terlihat dari sekolah sekolah yang berkualitas hanya bagi orang atau masyarakat yang memiliki standar ekonomi tinggi sedangkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah sekolahnya hanya di sekolah sekolah yang gratisan dengan sarpras seadanya. Sedangkan di sekolah sekolah yang berbayar semua sarpras terpenuhi untuk kepentingan belajar siswa.
Siapapun masyarakatnya tentu berharap agar anak anaknya mendapatkan pelayanan pendidikan yang sama karena telah diamanatkan dalam UUD 1945 tetapi kenyataannya tidak sesuai harapan sehingga memgambil keputusan “yang penting sekkolah”.
Pemerintah telah menjalankan perintah UUD 1945 semenjak pemerintahan suharto adanya sekolah inpres yang tersebar diselirih pelosok pedesaan tetapi itu hanya pelayanan dasar, namun iupun sudah baik bagi bangsa dan masyarakat indonesia.
Saat ini kondisi sudah berbeda dengan maauknya revolusi industri 4.0 dengan berbagai macam perubahan yang terjadi tetapi pendidikan tetap begditu begitu saja karena untuk membuat sekolah berkualitas beberapa faktor harus mendukung, sdm berkualitas, sarpras terpenuhi, dan tenaga pendidik penghasilannya cukup, sehingga semua saling mengikat dan target kualitas tercapai.
Saya merenungkan pendidikan diindonesi asal jalan terutama pada sekolah didaerah pedesaan, hal itu tidak kita salahkan karena untuk memenuhi standar nasional membutuhkan biaya yang tidak sedikit itu dilihat pada sekolah negeri atau swasta yang memiliki modal kecil dalam turut serta membangun pendidikan.
Jadi menurut saya, pemerintah harus memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat dari usia dini sampai perguruan tinggi dengan menekan biaya serendah rendahnya dan melengkapi kebutuhan sarpras sesuai kebutuhan dan sdm pendidik berkualitas dengan incom yang cukup.
Dengan demikian tidak ada lagi ketimpangan hanya bagi masyarakat yang berpenghasilan tinggi yang merasakan sekolah yang serba bagus. Apabila negara bisa hadir maka 10, 20 tahun ke depan perubahan akan terjadi dan indonesia bergeser menjadi lebih baik tidak seperti sekarang ini asjal atau asal jalan saja.